-->

Mengenal Remote Desktop

advertise here
Apa itu aplikasi Remote Desktop? Remote Desktop adalah aplikasi yang berguna untuk mengakses komputer lain melalui jaringan lokal atau via jaringan internet.
Berikut varian remote desktop yang biasa saya gunakan..
1. Remote Desktop Connection
Remote Desktop Connection merupakan aplikasi bawaan dari windows dan tidak perlu diinstall aplikasi tambahan. Namun untuk menggunakan aplikasi ini komputer client terlebih dahulu harus diaktifkan fasilitas Remote Desktopnya.
Cara mengaktifkan fasilitas Remote Desktop Connection:
Klik tombol Start -> klik kanan di My Computer -> pilih tab Remote -> centang Allow users to connect remotely to this computer.
Setting Remote Desktop
Klik Select Remote Users untuk menambah user yang boleh melakukan remote ke komputer tersebut.
Sebelum mencoba melakukan remote ada satu lagi syarat yang harus dipenuhi, user harus mengaktifkan password untuk login.
Cara melakukan koneksi Remote Desktop Connection ke komputer client:
Masukkan nama komputer atau ip address klik connect
Setting Remote Desktop
lalu masukkan username dan password
Setting Remote Desktop
tada.. kita sudah terhubung ke komputer client
Setting Remote Desktop
Keuntungan menggunakan Remote Desktop Connection adalah remote bisa berjalan dengan cepat dan stabil di LAN.
Kelemahannya, hanya satu user yang diperbolehkan untuk mengakses komputer client dalam waktu yang bersamaan.
2. Terminal Services
Apabila Remote Desktop Connection hanya bisa satu user, Terminal Services mendukung multiuser untuk mengakses satu komputer secara bersamaan. Teknologi Terminal Services sering digunakan oleh perusahaan untuk koneksi aplikasi perusahaan diindonesia selain menggunakan web, salah satu keunggulannya adalah satu kali update aplikasi untuk semua user.
Selain itu ,Terminal Services juga memungkinkan Administrator melakukan remote terhadap user yang terhubung ke Terminal Services.
Untuk menggunakan Terminal Services kita harus membayar license ke micros*ft pertahun ditambah dengan biaya apabila ingin menambah user yang bisa terhubung ke Terminal Services.
Setting Remote Desktop
3. Team Viewer
Team Viewer adalah aplikasi remote desktop yang dapat menghubungkan komputer user ke komputer client melalui jaringan LAN atau internet.
Dalam Team Viewer sudah terinclude aplikasi yang bertindak sebagai server dan client juga.
Berikut cara menggunakan aplikasi team viewer:
Aktifkan aplikasi team viewer yang bertugas sebagai komputer server, catat ID dan Password.
Setting Remote Desktop
Dikomputer Client aktifkan juga team viwer lalu masukkan ID dan Password dari komputer yang menjadi server.
Setting Remote Desktop
Setelah berhasil, kita akan langsung terhubung dengan komputer server, saya testing untuk server dios linux ubuntu, berikut tampilannya:
Setting Remote Desktop
Team Viewer biasa digunakan untuk membantu user diluar dari LAN, misalnya diluar kota, bahkan bisa juga diluar negeri asalkan sama mengaktifkan team viewer.
4. Remmina
Aplikasi alternatif selain untuk remote desktop dilinux bisa menggunakan Remmina, sebenarnya dilinux Ubuntu terdapat Terminal Server Client yang juga merupakan aplikasi remote desktop, tetapi terdapat 2 kekurangan yaitu
1. tidak mendukung configurasi untuk banyak server, konfigurasi di Terminal Server Client hanya berlaku untuk satu komputer, apabila ingin terhubung ke komputer lain kita harus mengubah konfigurasi terlebih dahulu.
2. tidak mendukung pendeteksian printer lokal, kita tidak bisa mencetak menggunakan printer lokal saat kita terhubung ke server.
Berikut langkah penggunaan Remmina:
Tambahkan konfigurasi server yang ingin diremote
Setting Remote Desktop
Klik connect
Setting Remote Desktop
Setelah berhasil kita akan terhubung ke server.
Setting Remote Desktop